Gejala penyakit pada cabe

Setelah beberapa pohon cabe mulai tumbuh dan beberapa sudah mulai berbunga, tadi pagi saya melihat ternyata ada beberapa pohon yang daunnya berwarna kuning, kalau dilihat kelihatan jadi seperti bunga bukan cabe, tapi ternyata setelah membaca di beberapa site tentang budidaya cabe, ternyata pohon-pohon cabe yang daunnya kuning itu telah terserang penyakit … waduh…

About these ads

10 comments on “Gejala penyakit pada cabe

  1. Coba deh tanam cabenya jangan di Polybag tapi langsung ke tanah, tapi jangan lupa di buat gembur dulu tanahnya, dan satu lagi jangan sering di kasih pupuk….
    jangan lupa kalo udah banyak cabenya.. bagi2 ya… entar kita barter dengan TERASI asli dari indramayu… heheheheheheheh

  2. Aq juga kurang tau penyebab penyakit kuning/bulai pada cabe.
    tapi kayaknya dari akar deh.. but entahlah.
    Tapi udah aq buktiin dengan menggunakan pupuk organik kayaknya kuningnya berkurang tuh..
    coba deh buktiin.
    pi klo gak berhasil berarti udah nasib kalee.. hag.hag…

  3. coba kirimin data-data gejala tanaman cabe tersebut ke almat e-mailQ…, kalo bisa fotonya sekalian. gejala penyakit pada tanaman yang disebabkan oleh faktor biotik dan abiotik hampir2 sama, jadi harus lebih dipahami dengan penampakan gejala secara menyeluruh. hal ini dimaksudkan biar kita gak salah dalam menentukan bentuk pengendalian. jangan sampai, tanaman sakit karena virus, dikira kekurangan unsur hara (Nitrogen)

    apakah daun tanaman cabe bergejala kuning (pada awal bergejala tidak semua daun menguning, namun pada tulang daun masih tampak hijau sedangkan lama-kelamaan akan menjadi kuning secara keseluruhan), daun juga keriting, ukurannya lebih kecil dari ukuran daun normal (tereduksi), ada tanaman yang kerdil, pada daun bagian bawah terdapat serangga berwarna putih, berukuran kecil (kira2 1-2 mm). tanaman yang bergejala terjadi serempak (dalam satu areal rata) atau tanaman tertentu saja?

    mungkin itu yang harus dijadikan bahan pertimbangan, semoga dapat membantu.

    salam
    herry soe

  4. Ngomong2 soal cabe neeh, tadi pagi aku diminta ama Kakaku buat browsing di internet soal cara mengatasi masalah buah cabe yang busuk sebelum panen (orang jawa bilang PATHE’EN).
    Kira2 ada yang tahu ga ya cara penanggulangannya??
    Mohon infonya…

  5. obat untuk cabe kriting ada, namanya rebaunding. jadi cabe yang kriting kalau di pake rebaunding daunnya itu bisa jadi bagus lagi….

  6. ayo kita selamatkan generasi kita dengan menggalakkan organik, tinggalkan kimia biar kita hidup sehat tanpa banyak penyakit pada tubuh kita, hidup petani indonesia !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s